Kisah-kisah Untuk Direnungkan

KISAH 4

https://web.facebook.com/machrus7.ali/posts/10205474841906064

Kisah Hatim Al Ashom Menemukan 8 Prinsip Dari Ilmu Yang Diperolehnya:

Hatim Al Asham termasuk murid dari Syaikh Syaqiq al Balkhi Rahmatullah Alaihima. Pada suatu hari Sang Guru menanyai Si Hatim: “Kamu telah menemaniku selama 30 tahun, apa yang kamu peroleh?”. Hatim menjawab: “Aku telah medapatkan 8 (kemenangan) faidah (manfaat) dari ilmu pengetahuan dan hal ini sudah mencukupi bagiku, karena aku mengharapkan keselamatanku dalam faidah ini. Lalu Syaikh Syaqiq al Balkhi bertanya:” Apakah itu? “. Hatim Al Ashom menjawab:

KISAH 3

https://web.facebook.com/machrus7.ali/posts/10203503477743192

Suatu hari di tepi sungai Dajlah, Hasan al-Basri melihat seorang pemuda duduk berdua-duaan dengan seorang perempuan. Di sisi mereka terletak sebotol arak. Kemudian Hasan berbisik dalam hati, “Alangkah buruk akhlak orang itu dan alangkah buruk jika dia seperti aku!”

Tiba-tiba Hasan melihat sebuah perahu di tepi sungai yang sedang tenggelam. Lelaki yang duduk di tepi sungai lebih dulu jatuh untuk menolong membawa perahu yang lebih lemas karena karam. Enam dari tujuh penumpang berhasil diselamatkan.

Kemudian dia berpaling ke arah Hasan al-Basri dan berkata, “Jika mau memang lebih beruntung dari saya, maka dengan nama Allah, selesaikan lagi yang belum diterima saya. Engkau memulihkan untuk menyelamatkan satu orang saja, sekarang saya telah menyelamatkan enam orang. “

Bebas Hasan al-Basri gagal menyelamatkan yang seorang itu. Maka lelaki itu bertanya. “Tuan, sebenarnya perempuan yang duduk di sebelahku ini adalah ibu saya sendiri, sedangkan botol itu hanya berisi udara biasa, bukan anggur atau arak.”

Hasan al-Basri tertegun lalu berkata, “Kalau begitu, harus selamat enam orang tadi dari bahaya tenggelam ke dalam sungai, maka selamatkanlah aku dari tenggelam dalam kebanggaan dan kesombongan.”

Lelaki itu menjawab, “Mudah-meminta Allah mengabulkan permohonan tuan.” 
Semenjak itu, Hasan al-Basri mendapatkan dan selalu merendahkan hati meminta lebih banyak orang lain.

KISAH 2

https://web.facebook.com/machrus7.ali/posts/10205365889822330

Al laits bin Sa’ad seorang pedagang madu …

Suatu hari perahunya yang membawa madu berlabuh di pelabuhan, madu ini dipasang di dalam kendi-kendi, tiba-tiba datang seorang wanita tua membawa sebuah wadah kecil seraya berkata: Aku ingin agar wadah itu ditumbuhkan dengan madu untukku … tapi Al laits tetap dan wanita tua itu lalu pergi…

Kemudian Al laits menyuruh pembantunya agar mencari tahu di mana wanita tua itu dan membawakannya satu kendi madu…

Sang Pembantu terkejut dan berkata:

Wahai tuan tadi, wanita tua meminta dengan wadah kecil tapi kau tolak dan sekarang malah meminta satu kendi penuh…

Al laits menjawab: Wahai pemuda… wanita tua itu meminta sesuai dengan kemampuannya dan aku memberi menurut kadar kemampuanku…

KISAH 1

https://web.facebook.com/machrus7.ali/posts/10205365583214665

Syeikh Abi Abdillah al-Tawudi. Di tempat dia melihat dua ekor kucing sangat rukun sekali. Dua ekor kucing saling menempel.

Lalu dua tamu Syeikh berkata, “Seperti inilah semestinya persaudaraan itu”.

Kemudian Syaikh mengambil sepotong roti lalu melemparkan pada kedua kucing tersebut. Kedua kucing itu langsung melompat, saling berebut, bahkan saling mencakar.

Syeikh lalu berkata, “Begitulah persaudaraan itu. Ia akan terus terjalin dengan baik sampai ke dunia masuk ke dalam karena kehancuran dan didukung ”.