Allah tidak menciptakan makhluk dengan sia-sia

Imam Al-Ghazali dalam kitab Al-Mawaizh fi al-Ahadis al-Qudsiyyah, meriwayatkan sebuah Hadis Qudsi yang dapat menerangi jalan kita menuju kepada makrifatullah.

يَقُوْلُ اللهُ تَعَالَى: يَابْنَ آدَمَ
مَا خَلَقْتُكُمْ عَبَثًا، وَلاَ خَلَقْتُكُمْ سُدًى، وَمَا أَنَا بِغَافِلٍ، وَأَنِّي بِكُمْ خَبِيْرٌ. وَلَنْ تَنَالُوا مَا عِنْدِي إِلاَّ بِالصَّبْرِ عَلَى مَا تَكْرَهُوْنَ فِي رِضَائِي، وَالصَّبْرُ لَكُمْ عَلَى طَاعَتِي أَيْسَرُ لَكُمْ مِنَ الصَّبْرِ عَلَى مَعْصِيَّتِي.
وَتَرْكُ الذَّنْبِ أَيْسَرَ لَكُمْ مِنَ اعْتِذَارِي مِنْ حَرِّ النَّارِ، وَعَذَابُ الدُّنْيَا أَيْسَرُ لَكُمْ مِنْ عَذَابِ الآخِرَةِ، يَابْنُ آدَمَ! كُلُّكُمْ ضَالٌّ إِلاَّ مَنْ هَدَيْتُهُ، وَكُلُّكُمْ مُسِيءٌ إِلاَّ مَنْ عَصَمْتُهُ، وَتُوبُوا إِلَيَّ أَرْحَمْكُمْ، وَلاتَهْتِكُوا أَسْرَارَكُمْ عِنْدَ مَنْ لاَ يَخْفَى عَلَيْهِ سِرُّكُمْ.

Allah SWT berfirman:
“Wahai anak Adam!
Aku tidak menciptakan kalian dengan sia-sia, dan tidak menciptakan kalian tanpa ada manfaat. Aku tidak pernah lalai, Aku Maha Mengetahui tentang kalian. Kalian tidak akan memperoleh apa yang ada di sisi-Ku, kecuali hanya dengan bersabar terhadap apa yang tidak kalian sukai dalam hal yang Ku-ridhai. Bersabar untuk tetap taat pada-Ku lebih mudah bagi kalian daripada bersabar untuk tidak melakukan maksiat kepada-Ku.

Meninggalkan dosa lebih mudah bagi kalian daripada meminta ampunan kepada-Ku dari panasnya api neraka. Siksa dunia lebih mudah bagi kalian daripada siksa akhirat.

Wahai anak Adam! Kalian semua dalam kesesatan, kecuali yang Aku beri petunjuk. Kalian semua adalah pelaku dosa, kecuali orang yang Aku lindungi dari dosa. Maka, bertobatlah kepada-Ku, niscaya Aku menyayangi kalian. Tak sepantasnya kalian membuka semua rahasia kalian kepada Dzat yang sebenarnya telah mengetahui rahasia-rahasia kalian.”

Author: machrus7