PEMBACAAN SHOLAWAT NABI 2

Hikayat Baca Sholawat

Diceritakan bahwa pada suatu hari ada seorang perempuan datang bersowan kerumah Hasan Al-Basri, kemudian perempuan tersebut berkata, “Wahai ustadz! Sesungguhnya saya punya puteri yang telah mati beberapa waktu yang lalu dan saya ingin sekali bermimpi bertemu dengannya, maka ajarkanlah saya amalan yang bisa membuat saya memimpikannya”

Kemudian Hasan Al-Basri mengajarkan sholawat, lalu setelah selesai perempuan itu pulang.

Malam harinya ia bermimpi bertemu dengan puterinya, namun yang ia lihat puterinya lehernya dibelenggu dan kakinya diikat dengan tali yang terbuat dari api.

Lalu ia terbangun dari tidurnya dan langsung menemui Hasan Al-Basri dengan cucuran air mata. Ia menceritakan semua yang terjadi dalam mimpinya. Mendengar ceritanya, Hasan Al-Basri dan sahabat-sahabatnya juga menangis.

Beberapa waktu kemudian Hasan Al-Basri bermimpi bertemu dengan seorang gadis di Surga duduk diatas tahta dengan mahkota yang bertengger dikepalanya, mahkota yang mamu menyinari dari timur hingga ke barat. Lalu gadis itu bertanya, “Wahai ustadz! Apakah engkau tahu siapa aku?”. Hasan Al-Basri menjawab, “Tidak” “Aku adalah puteri dari perempuan yang telah engkau ajari sholawat” lalu Hasan Al-Basri bertanya, “Sebab apa engkau memperoleh kedudukan ini?” (Hasan tahu kalau dulu gadis itu ada di neraka). “Wahai syaikh! Suatu hari ada sorang lelaki lewat di tanah pekuburan kami, lalu ia membaca *sholawat satu kali* dan *pahalanya diberikan kepada kami*, dan ditanah pekuburan kami ada *lima ratus lima puluh* manusia yang disiksa. Kemudian, ada suara yang memanggil, “Bebaskanlah mereka dari siksaan berkat sholawatnya lelaki ini kepada Nabi Muhammad SAW”

Author: machrus7